Contoh Surat Permohonan Pembuatan Pas Bandara

Contoh Surat Permohonan Pembuatan Pas Bandara

Contoh Surat Permohonan Pembuatan Pas Bandara

Contoh Surat Permohonan Pembuatan Pas Bandara

Apa Itu Kartu Pas Bandara??

Kartu Pas Bandara ialah tanda izin untuk memasuki daerah terbatas di area Bandar Udara atau Bandara. Kartu Pas ini akan diterbitkan Kantor Otoritas Wilayah di masing-masing Bandara. Untuk Bandara Soekarno Hatta, misalnya, ialah Kantor Otoritas Wilayah I. Yang dimaksud dengan Daerah Terbatas sendiri adalah bagian dari area Bandara yang ditetapkan sebagai bukan daerah umum (Non Public Area) serta area Bandara yang ditetapkan sebagai Restricted Public Area atau daerah umum terbatas. Termasuk dalam Non Public Area ialah Apron atau Platform, yaitu daerah yang ditentukan sebagai penempatan pesawat udara, menaikkan atau menurunkan penumpang, pengisian bahan bakar serta parkir.

Non Public Area juga termasuk aneka fasilitas vital seperti Gedung Tower, Gedung Radar, Gedung Pemancar dan Penerima, Gedung Operasi Lalu Lintas Penerbangan, Gedung PKP-PK dan lain-lain. Selain itu, masih ada pula landasan, taxi way, gudang kargo domestik dan internasional, ruang tunggu serta daerah kedatangan internasional. Sementara yang termasuk dalam Restricted Public Area ialah daerah check in, gedung catering, DPPU Pertamina dan pelataran parkir untuk gudang kargo domestik maupun internasional.

Masa Berlaku Kartu Pas Bandara

Tiap Kartu Pas yang diterbitkan akan memiliki kode khusus di mana kode ini menunjukkan area kerja serta masa berlaku dari kartu tersebut. Masa berlaku dari Kartu Pas sendiri ada yang mingguan, bulanan, tiga bulanan hingga tahunan. Jika masa berlaku Kartu Pas sudah habis, maka kartu ini harus diperpanjang lagi. Pemohon Kartu Pas pemula umumnya akan menerima kartu yang masa berlakunya pendek. Setelah masa kartunya berakhir, maka barulah pemohon bisa mengajukan permohonan kartu yang masa berlakunya lebih panjang. Misalnya, Kartu Pas pertama yang dimiliki masa berlakunya adalah mingguan, kemudian bertambah menjadi bulanan, tiga bulanan dan terakhir menjadi kartu yang masa berlakunya tahunan.

Area di mana Kartu Pas dapat digunakan juga akan direpresentasikan dalam aneka kode. Kode area di Kartu Pas akan menunjukkan di mana pemegang Kartu Pas boleh masuk pada sebuah area tertentu serta di mana pemegang kartu dilarang masuk. Kode area ini ditandai dengan abjad tertentu untuk tiap area yang berbeda. Di antaranya adalah P untuk Platform, V untu proyek vital, A untuk Arrival Hall, B untuk Boarding Lounge, C untuk Check In Counter, T untuk Tower, S untuk Shopping Arcade, G untuk Gudang, M untuk Meterologi, Q untuk halaman gudang dan R untuk Air Side.

Persyaratan dalam pembuatan Kartu Pas Bandara

Persyaratan dalam pembuatan Kartu Pas Bandara harus memenuhi sejumlah dokumen tertentu. Termasuk di antaranya adalah Kontrak Kerja yang berisi dasar hukum pemohon dalam memasuki wilayah Bandara, surat permohonan dari atasan tertinggi, pas foto, Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, surat pernyataan, daftar riwayat hidup, ID card, fotokopi KTP serta formulir pengajuan permohonan Kartu Pas.

Dalam surat permohonan sendiri harus tertera alasan jelas mengapa seseorang membutuhkan Kartu Pas. Semua dokumen di atas harus dipenuhi agar proses pengajuannya bisa dilakukan dalam waktu singkat dan kita bisa segera mendapatkan Kartu Pas yang dibutuhkan. Biasanya, setelah semua syarat dilengkapi, pihak Otoritas Bandara akan mengadakan screening khusus pemohon Kartu Pas Bandara.  Pemohon yang lulus screening akan mendapatkan Kartu Pas ini dan bisa menggunakannya selama kartu masih berlaku. Demikian informasi seputar Kartu Pas Bandara, syarat-syarat pengajuan hingga surat permohonan yang harus diajukan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan. Kalian bisa menghubungi Panitia pendaftaran siswa baru Kak Tika di Whatsapp 085235003700 atau bisa juga dengan Klik Disini !!!

SHARING IS CARING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *