Definisi Dangerous Goods Beserta 9 Jenis Barang Berbahaya

Definisi Dangerous Goods

Definisi Dangerous Goods

Definisi Dangerous Goods Beserta 9 Jenis Barang Berbahaya? Sesuai artinya, Dangerous Goods memang di dunia penerbangan ini sudah sangat dikenal atau dalam bahasa Indonesia artinya barang berbahaya. Barang-barang ini kalau dibawa ke pesawat akan mengganggu keselamatan penerbangan sehingga keberadaannya terus dilacak dan diantisipasi dari bandara.

Setiap masuk bandara mana pun di dunia, pastilah dilengkapi dengan alat pendeteksi DG ini. Biasanya melalui X-Ray yang terkomputerisasi. Tidak ada satu Dangerous Goods pun bisa lolos dalam seleksi melalui sinar X ini.

Kini bahkan ada aturan yang sangat ketat. Di mana seluruh benda yang mengandung metal dan logam harus ditaruh di wadah khusus secara sendiri-sendiri, terpisah atau tidak bertumpuk. Agar mesin penerawang canggih itu bisa mendeteksi dengan lebih detail.

Setiap ditemukan benda mengandung metal atau logam. Mesin X-Ray akan bunyi dan petugas bandara akan mengecek manual, benda apakah itu yang menimbulkan bunyi. Kemudian jika dipastikan aman, maka petugas akan memerintahkan komputer untuk tidak berbunyi lagi dan menyatakan bahwa barang yang dimaksud ternyata aman, misalnya laptop.

Inilah 9 Jenis Barang Yang Termasuk Dangerous Goods dan Barbahaya Untuk Penerbangan Sipil

Jangan pernah sesekali membawa Dangerous Goods kalau mau naik pesawat karena sudah pasti akan tercekal di bandara. Bahkan banyak bandara mempekerjakan pula anjing pelacak untuk mengendus bagasi yang mengandung narkoba.

Setelah paham tentang definisi umum dari barang-barang berbahaya ini. Kini yang jadi pertanyaan adalah seputar apa sajakah jenis-jenisnya? Ternyata, ada 9 jenis barang berbahaya yang sebaiknya tidak dibawa saat akan naik pesawat:

  • Barang yang Bisa Meletus

Barang yang bisa meletus sangat dilarang masuk ke pesawat, misalnya adalah bom. Tentunya sangat ditentang karena ini bagian dari aksi terorisme. Kemudian, barang yang mudah meledak ini juga bisa yang berupa benda menggembung, seperti ban sepeda. Makanya kalau bawa sepeda naik pesawat, bannya harus dikempesin.

  • Barang yang Mengandung Gas

Aturan mengenai Dangerous Goods memang sangat ketat. Barang yang mengandung gas bisa berupa gas udara atau gas yang berbentuk liquid seperti dalam korek api atau tabung gas.

  • Benda Padat yang Mudah Terbakar

Kadang ada benda yang sangat sensitif dengan gesekan udara atau tekanan sehingga mudah terbakar. Ini  dilarang keras dibawa ke pesawat. Karena tekanan dalam pesawat cukup tinggi.

  • Benda Cair yang Mudah Terbakar

Begitu pun dengan Dangerous Goods dari benda cair yang gampang terbakar ini. Juga dilarang masuk pesawat. Misalnya bawa bensin, minyak atau spirtus. Ini jelaslah tidak boleh.

  • Benda yang Mudah Teroksidasi

Benda berbahaya juga mencakup dengan benda yang mudah mengalami reaksi oksidasi hanya karena perbedaan suhu dan tekanan udara.

  • Barang yang Mengandung Racun

Jangan sekali-kali bawa Dangerous Goods berupa barang yang mengandung racun. Baik yang berasal dari benda kimia, hewani maupun tumbuhan.

  • Barang yang Mengandung Radioaktif

Jika naik pesawat juga dilarang bawa barang yang mampu memancar radiokatif. Seperti senjata nuklir atau barang-barang yang telah terpapar radiasi nuklir.

  • Barang yang Sifatnya Korosif

Benda berbahaya ternyata juga bisa karena benda ini sangat korosif. Hanya karena perbedaan ketinggian ruang, tekanan dan suhu udara bisa terkorosi.

  • Barang-Barang Lainnya yang Berbahaya Bisa Mengancam Nyawa

Dangerous Goods juga mengatur tentang barang-barang yang berbahaya dan haram dibawa karena bisa mengancam nyawa. Seperti pistol dan narkoba. Bahkan gunting dan pisau saja dilarang dibawa ke naik kabin. Dan ada pula maskapai yang sama sekali tak bolehkan bawa pisau dan gunting di bagasi manapun.

Jadi, intinya definisi Dangerous Goods adalah istilah yang merujuk pada barang-barang berbahaya yang dilarang dibawa naik ke dalam pesawat karena bisa menimbulkan kerugian dan bencana.

Itulah Penjelasan Tentang Definisi Dangerous Goods Regulation Beserta 9 Jenis Barang Berbahaya Untuk Penerbangan, Semoga Bermanfaat & Terimakasih..

SHARING IS CARING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *