Tahukah Anda Tentang Definisi Flight Attendant? Ini Jawabannya

Definisi Flight Attendant

Definisi Flight Attendant

Tahukah Anda Tentang Definisi Flight Attendant? Definisi Flight Attendant adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang merujuk pada profesi pramugari di dalam pesawat. Mereka adalah para pekerja di maskapai penerbangan yang langsung berada di dalam pesawat, sebagai awak kabin atau cabin crew.

Pramugari adalah pekerja perempuan yang bertugas melayani penumpang di dalam pesawat. Adapun tugas pramugari seperti menyajikan makanan dan minuman pada para penumpang serta memperagakan berbagai tips keselamatan dalam penerbangan.

Sedangkan ada pula istilah Pramugara, yang merujuk pada profesi serupa pramugari. Hanya saja, dijalankan oleh laki-laki. Baik Pramugari maupun Pramugara wajib ada di dalam pesawat yang akan beroperasi. Mereka menjalankan tugas utama “serving”.

Meskipun definisi Flight Attendant adalah orang yang melayani para penumpang di dalam pesawat. Namun sebenarnya profesi ini sangatlah bergengsi. Pasalnya, orang yang menjadi pramugari akan mendapatkan pengalaman hidup melebihi “pelayan” pada umumnya.

Mereka berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri, luar pulau atau luar kota secara rutin. Memang jadwal kerja pramugari tidaklah tiap hari. Namun hanya dalam beberapa sesi tour pulang-pergi. Namun tetap saja, ketika sedang trip menjalankan tugasnya ini, mereka bisa sambil berwisata dikala senggangnya.

Definisi Flight Attendant

Definisi Flight Attendant adalah sebuah pekerjaan yang bergengsi dengan gaji yang tinggi. Banyak orang, terutama perempuan berusaha mati-matian untuk sekolah pramugari. Harapannya mereka bisa mendaftar ke salah satu maskapai penerbangan untuk melamar posisi Flight Attendant ini.

Namun pada dasarnya, ijasah dari sekolah pramugari saja tidak cukup karena menjadi Flight Attendant masih banyak syarat lain. Pendidikan tinggi tidak menjamin seseorang lolos kualifikasi pemilihan crew cabin ini. Di bawah ini adalah beberapa syarat menjadi pramugari yang wajib dipenuhi.

Syarat Menjadi Flight Attendant

Definisi flight attendant adalah sebuah profesi pekerjaan. Otomatis, profesi ini memiliki rangkaian prosedur syarat untuk menjalankannya. Memperoleh posisi sebagai awak kabin ini memang susah. Antara lain harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  1. Berjenis kelamin laki-laki atau perempuan
  2. Memiliki usia 18 hingga 25 tahun, meski terkadang lebih dari ini ada maskapai yang memperbolehkan. Asalkan pernah menjadi pramugari sebelumnya.
  3. Punya postur tubuh yang bagus, ideal
  4. Berat badan ideal
  5. Tinggi badan minimal 160cm untuk perempuan dan 170 cm untuk laki-laki
  6. Berparas good looking, cantik, ganteng, enak dipandang
  7. Memiliki kulit yang mulus, bersih dan terawat tanpa cacat
  8. Sehat jiwa raga
  9. Tidak buta warna total maupun sebagian
  10. Memiliki disabilitas panca indera
  11. Merupakan orang yang mampu berkomunikasi sosial dengan baik
  12. Bisa berenang
  13. Fasih berbahasa asing, terutama bahasa Inggris
  14. Belum pernah menikah dan punya anak, kecuali kalau yang pernah menjadi pramugari sebelumnya, ada maskapai yang memperbolehkan
  15. Murah senyum

Itulah beberapa syarat menjadi Flight Attendant. Kelihatannya sepele, namun sebenarnya kualifikasi di atas seringkali membuat gugur banyak orang. Misalnya soal tinggi badan. Kurang 1 cm saja bisa gagal.

Memang definisi Flight Attendant adalah soal kesempurnaan. Lihat saja ketika para pramugari sedang bertugas. Mereka begitu cekatan dan enerjik. Tidak ada satu pun pramugari yang nampak cacat. Seluruh gerak-geriknya menampakkan bahwa mereka memang siap melayani penumpang dengan baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa moda transportasi pesawat terbang sangatlah rentan kecelakaan. Ketika terbang di atas ketinggian, kapan saja bisa terjadi kecelakaan dan pendaratan darurat. Jika saja di dalam pesawat tidak ada pramugari, siapa yang akan mengevakuasi penumpang?

Sedangkan para pilot dan teknisi pesawat kan tugasnya hanya mengurusi urusan kendaraan besi terbang ini. Maka jangan heran bilamana tiap kali memulai penerbangan, beberapa menit setelah take-off para pramugari akan memperagakan cara duduk yang baik.

Mereka beri tahu tentang cara kenakan sabuk pengaman dan pelampung. Mereka memperagakan bagaimana sikap yang benar jika terjadi pendaratan darurat. Karena memang sejatinya, definisi Flight Attendant adalah profesi yang dijalankan oleh mereka yang bertanggungjawab dalam mengamankan dan melayani penumpang di pesawat.

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *