Etika Yang Harus Dimiliki Seorang Pramugari Maskapai Penerbangan

Etika Yang Harus Dimiliki Seorang Pramugari

Etika Yang Harus Dimiliki Seorang Pramugari

Etika Yang Harus Dimiliki Seorang Pramugari Maskapai Penerbangan, dalam menjalankan tugasnya, ada banyak etika yang harus dimiliki pramugari. Bahkan dibandingkan profesi lainnya, awak penerbangan termasuk yang paling ribet khususnya menyangkut penampilan dan standar pelayanan yang mesti diberikan kepada pelanggannya. Mungkin karena itulah profesi ini banyak diminati para remaja yang ingin membangun karir masa depannya.

Pramugari adalah pekerjaan yang dijalankan oleh STAFF atau karyawan maskapai penerbangan dalam melayani penumpang angkutan udara. Awalnya istilah ini untuk wanita atau pramugara untuk pria dalamm menunjuk STAFF atau karyawan perusahaan angkutan umum baik udara, darat, maupun angkutan laut. Dengan kata lain, kepramugaraan merupakan istilah yang berkaitan dengan pekerjaan atau profesi di pesawat udara, kereta api, maupun kapal laut.

Namun dalam perkembangannya, istilah pramugari lebih menunjuk pada profesi yang dijalankan STAFF maskapai penerbangan saja yang dalam bahasa aInggris disebut flight attendant atau steward(ress). Bahkan penyebutan pramugari secara tersirat sudah termasuk untuk pria atau pramugara mengingat profesi ini yang didominasi kaum wanita.

Tanggung Jawab Utama Pramugari

Untuk melayani para penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara, setiap  perusahaan maskapai penerbangan tentunya membutuhkan banyak karyawan. Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap jasa angkutan udara membuat maskapai kerap membuka lowongan kerja.

Dibandingkan jenis pekerjaan lainnya, profesi pramugari termasuk yang sangat bergengsi. Banyak sekali remaja dan lulusan SMTA yang ingin membangun karir dan bekerja di dunia penerbangan. Apalagi profesi ini kerap diberitakan berlimpah dengan gaji, fasilitas, dan berbagai iming-iming imbalan yang menggiurkan.

Kalaupun profesi ini mendapat imbalan yang besar sebenarnya masuk akal mengingat besarnya risiko dan beban tanggung yang diemban pramugari. Apalagi tugas utama seorang pramugari adalah memastikan kenyamanan para penumpang dan untuk menjaga keselamatan para penumpang selama dalam pesawat.

Etika Yang Harus Dimiliki Seorang Pramugari Maskapai Penerbangan

Dengan beban tugas dan tanggung jawab yang besar dalam melayani para penumpang, pramugari memiliki standar etika yang harus selalu dijaga. Berikut ini daftar etika profesi pramugari yang harus selalu dipegang dan dijunjung tinggi.

  • Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang

Seperti telah dijelaskan, masalah keselamatan dan kenyamanan penumpang merupakan prioritas utama tugas pramugari. Dengan dasar inilah pramugari akan selalu memegang etika dalam memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang. Termasuk saat terjadi keadaaan darurat di udara.

  • Ramah dan Sopan

Keramahan merupakan faktor utama yang mesti dipegang seorang pramugari dalam melayani para penumpang. Keramahan ini berhubungan dengan penampilan diri serta cara bersikap terhadap penumpang. Karena itulah pramugari sebelum bertemu dengan penumpang harus mempersiapkan diri dengan dandanan dan penampilan yang menarik. Bahkan setelah lelah bertugas seharian, mereka harus tetap ramah dan sopan dalam melayani penumpang yang rewel sekalipun.

  • Sabar dan Tegas

Bisnis yang berhubungan dengan pelayanan atau service selalu menuntut kesabaran dan jiwa yang besar. Begitu juga dengan pramugari yang merupakan garda depan bagi perusahaan maskapai dalam melayani penumpang, juga harus sabar dalam melayani berbagai kebutuhan dan kemauan para penumpang selama dalam perjalanan.

Meskipun sabar, pramugari juga harus bersikap tegas. Karena tak jarang ada saja penumpang yang aneh atau suka bersikap “semau gue” yang bisa mengganggu penumpang lainnya. Anda tentunya pernah mendengar kasus penumpang yang dipaksa turun dari pesawat karena melanggar standar aturan keamanan pesawat.

  • Ketelitian

Pramugari bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Karena itulah pramugari harus teliti untuk memastikan semua sesuai standar keamanan yang sudah ditentukan. Termasuk teliti dan memastikan semua peralatan dan kelengkapan keamanaan pesawat maupun makanan dan minuman untuk penumpang telah siap sebelum pesawat berangkat.

  • Kerja Sama dan Koordinasi

Pramugari bersama pilot adalah awak kabin yang bertugas di udara. Namun pramugari juga harus bekerja sebelum keberangkatan maupun setelah turun dari pesawat. Karena itu etika yang harus dimiliki pramugari adalah harus bisa bekerja sama dan berkoordinasi secara baik dengan staf bidang lain untuk memastikan keamanan penumpang.

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *