Makna di balik Seragam Pramugari Indonesia

Pendaftaran Calon Pramugari

Dalam sebuah pekerjaan, seragam termasuk salah satu hal penting, termasuk pula seragam yang dikenakan pramugari. Seragam juga dapat menjadi sebuah simbol atau identitas pekerjaan di setiap perusahaan itu sendiri.

Bukan hanya demi terlihat modis, menarik dan anggun, seragam pramugari juga di rancang untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan pekerjaan mereka. Namun tahukah anda setiap maskapai memiliki seragam tersendiri dan memiliki makna yang berbeda.

Jadi, apa saja makna di balik seragam pramugari? Berikut ulasannya.

1. Garuda indonesia

Seragam maskapai  Garuda Indonesia ini mengusung motif Batik Lereng, sangat mbawa aksen dan ciri budaya Indonesia. Terinspirasi dari Batik Parang Gondosuli, dan di rancang khusus dengan gaya kebaya dan kain panjang.

Warna seragam nya juga bervariasi dan semua warna memiliki makna tersendiri.  Warna Biru melambangkan karakter mantap, langgeng dan terpercaya. Hijau Toska memiliki nuansa tropis seperti iklim di Indonesia dan identik dengan warna Garuda Indonesia sendiri. Warna Jingga menunjukkan sifat hangat dan ramah, sedangkan Ungu menandakan sifat anggun dan dewasa dari sosok wanita.

2. Cinilink indonesia

Maskapai satu ini mengganti seragam pramugari hingga tiga kali. Pada mei 2018Cintilink Indonesia meluncurkan seragam pramugari yang ketiga berwarn Hijau cerah.

Seragam pramugari ini terdapat motif Gurdo Aji, yakni anak burung garuda yang terbang mengikuti arah angin untuk terus terbang lebih tunggi dan jauh.

3. Lion Air 

Seragam pramugari maskapai Indonesia yang melayani kelas ekonomi ini hadir dalam ptongan Cheongsam yang di dominasi  warna merah. Ternyata seragam pramugari Lion Air ini di buat sendiri oleh pendirinya, tanpa campur tangan desainer.

4. Batik Air

Rok dari seragam pramugari ini memakai kain batik berwarna ungu dengan motif khas manado, Sulawesi Utara yang di kenal dengan nama Kaeng Manado. Seragam pramugari Batik Air ada 2 jenis yang pertama model kebaya batik V-Neck dan model Cheongsam.

Dan seragam pranugari ini juga di buat untuk pelayanan yang berbeda. Model kebaya V-Neck di gunakan untuk kelas bisnis sedangkan model Cheongsam untuk kelas ekonomi.

Uniknya seragam ini sempat tampil juga di run away fashion.  Desainer Hartono Gan menampilkan pagelaran busana dengan mendapuk para pramugari Batik Air untuk menampilkan koleksinya.

So keren banget kan makna di balik seragam pramugari indonesia. Masing-masing mempresentasikan  karakter dan budaya indonesia. (Dikutip berdasarkan berbagai sumber*)

 

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *