Manfaat Rutin Konsumsi Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang sangat populer di indonesia ataupun samapai ke manca negara. Buah ini memiliki nama latin Malus Domestica, ciri khas dari buah ini yaitu bentuk nya yang bulat, ranum buah nya memiliki warna kulit yang  cerah dan rasanya tentu manis.

Selain rasanya yang manis buah apel ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu rutin mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dan hipertensi. Kandungan anti oksidan di dalam buah apel juga dapat menangkal radikal bebas.

Buah apel juga memiliki beberapa vatian warna, yaitu merah, merah muda, hijau, merah kehijauan, dan kuning sesuai dengan jenisnya dan rasanya juga berfariasi ada yang manis, asam . Meski berbeda, namun tak mengurangi manfaat dan khasiat yang dikandungnya.

Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan

Apel Sebagai Antioksidan yang Tinggi

Sebuah Institut Kanker Nasional Amerika Serikat menjelaskan bahwa kandungan flavonoid pada apel paling besar dibanding buah lainnya. Karenanya, ia dapat menurunkan resiko kanker sebesar 50%.disamping itu, flavonoid juga berfungsi sebagai aktioksidan pembunuh kolesterol penyebab pembuluh darah tersumbat.singkatnya, flavonoid dalam apel mampu mencegah kerusakan sel – sel jaringan pembuluh darah. selain flavonoid, antioksidan dari buah apel juga bisa didapat dari vitamin C dan Quercetin.Quercetin merupakan salah satu jenis flavonoid dalam apel yang mampu melindungi sel otak dari radikal bebas penyebab penyakit Alzheimer. Karoten berperan sebagai antioksidan pencegah penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Sedangkan pectin berfungsi untuk mencegah kolesterol dengan cara mengikat asam empedu hasil akhir metabolisme tubuh.

Cara mengolah Buah Apel

Pada buah apel, yang umum dimanfaatkan adalah bagian daging dan kulitnya. Ada beragam cara yang dapat dipakai untuk mengkonsumsi buah apel, yaitu dengan cara memakannya begitu saja, mengolahnya menjadi makanan seperti salad buah, pudding dan pie, atau dibuat minuman seperti jus dan sari buah.jika daging apel biasa dimakan begitu saja dan diolah, namun lain halnya dengan kulitnya.tak sedikit orang yang lebih suka mengupas dan membuang kulitnya ketika akan mengkonsumsi atau mengolah apel. Padahal kandungan antioksidan pada kulitnya jauh lebih tinggi dibanding pada dagingnya. Nah, agar tidak mengurangi kandungan gizi dan khasiatnya. akan jauh lebih bagus mengkonsumsi apel beserta kulitnya.

Di atas merupan manfaat daru buah apel. Semoga bermanfaat. (*)

 

 

SHARING IS CARING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *