Mengenal Ticketing And Reservation Tugas STAFF Penerbangan

Mengenal Ticketing And Reservation

Mengenal Ticketing And Reservation

Mengenal Ticketing And Reservation? Ticketing and reservation adalah sebuah pernyataan yang menunjukkan bahwa sebuah tiket baru saja dipesan. Biasanya pernyataan ini muncul ketika seseorang baru saja selesai melakukan reservasi tiket transportasi, seperti pesawat.

Kini pembelian tiket pesawat dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu melalui agen penjualan tiket langsung yang ada di outlet-outlet atau di bandara. Serta melalui website maskapai langsung. Kemudian melalui aplikasi smartphone yang dikendalikan oleh perusahaan travel.

Ketika status ticketing and reservation, itu artinya sistem sedang berjalan untuk memproses pemesanan tiket. Segala informasi terkait identitas dan pemilihan tempat duduk sedang diproses pada sistem maskapai.

Saat anda mendapati status tiket telah reservasi demikian, artinya anda sudah hampir selesai mengurus keseluruhan pembelian tiket. Tinggal menunggu tiket sementara atau e-ticket yang dikirimkan oleh pihak agen travel.

Langkah selanjutnya setelah tiket selesai reservasi, maka tiket tersebut harus dibawa ke konter check in untuk mendapatkan boarding pass. Namun di era semakin canggih dan efisien seperti sekarang, check in pun bisa dilakukan dengan sistem web check in.

Web check in adalah sebuah sistem di mana setelah calon penumpang berhasil reservasi. Maka dia berhak mendapatkan boarding pass, dengan cara memasukkan kode booking ke dalam kolom yang disediakan di situs website maskapai. Kemudian nanti boarding pass boleh dicetak atau disimpan filenya.

Manfaat Web Check In Setelah Reservasi Tiket Pesawat

Penggunaan web check in akan memangkas waktu. Jadi tidak perlu mengantri lama di konter check in di bandara setelah mendapatkan status ticketing and reservation. Cocok untuk yang bepergian naik pesawat tanpa membawa bagasi (hanya bawa bagasi kabin).

Namun bila ternyata barang bawaannya banyak, maka web check in hanya menolong agar tidak tergesa-gesa saja datang ke Bandar kaarena biasanya counter check in sangat penuh. Jadi kalau ke sana, hanya tinggal timbang bagasi saja.

Memang, setelah ticketing and reservation, harusnya seseorang langsung mengecek pada sistem maskapai melalui website. Masukkan kode booking seat agar benar-benar yakin bahwa tiket sudah reservasi. Misalnya pesan tiket garuda, maka tiket bisa dicek di website Garuda Indonesia.

Refund dan Reshedule Setelah Ticketing and Reservation

Kini pembelian tiket pesawat sudah sangat mudah dan cepat. Bahkan dengan hadirnya pihak ketiga seperti Traveloka atau yang lainnya, ini sangat membantu. Misalnya anda membatalkan perjalanan setelah reservasi atau hendak reschedule tiket, pihak agen travel ini akan sangat membantu.

Mereka akan memberikan prosedur tentang bagaimana caranya refund tiket. Serta bagaimana caranya reschedule. Prosesnya sangat mudah, asalkan mematuhi standar operasional prosedur.

Jadi, jika ticketing and reservation, namun ternyata ada kendala saat keberangkatan. Jangan panik dulu! Walaupun sudah reservasi, penumpang tetap berhak melakukan klaim refund and reschedule.

Aturan Refund dan Reschedule Setelah Reservasi Pesawat

Permintaan refund tidak bisa 100% uang dikembalikan. Maksimal adalah 75% saja dikembalikan alias kena charge 25%. Ini pun bila permintaan refund dilakukan 3 hari sebelum jadwal penerbangan.

Namun bisa pula kena charge 90% dari tarif tiket bila ternyata refundnya baru 4 jam sebelum jam penerbangan. Sungguh merugikan sekali memang! Apalagi kadang refund prosesnya berbelit dan dipersulit. Makanya banyak orang jadi malas mengurusnya.

Sedangkan kalau reschedule ini biasanya maksimal dilakukan 12 jam sebelum keberangkatan. Namun ada pula maskapai yang memberlakukan 24 jam atau 6 jam sebelum keberangkatan. Makanya, saat memesan tiket pesawat itu harus hati-hati. Sebab, ketika status ticketing and reservation, maka otomatis sistem maskapai telah mendaftarkan seat alias kursi untuk anda. Dan ini susah buat dibatalkan!

Itulah Penjelasan Tentang Mengenal Ticketing And Reservation Dalam Dunia Penerbangan? Semoga Bermanfaat & Terimakasih..

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *