Pengertian Tiketing For Airlines?? Simak Penjelasannya Disini!!

Pengertian Ticketing For Airlines dalam Penerbangan

Pengertian Tiketing For Airlines??

Pengertian Tiketing For Airlines??

Pengertian ticketing for air lines atau tiket penerbangan merupakan dokumen pasasi yang berisi tentang perjanjian antara pihak perusahaan penerbangan dengan penumpang dengan ketentuan yang harus disepakati oleh kedua belah pihak.

Saat ini ticketing pada umumnya dilakukan secara elektronik, dan untuk kebutuhan keamanan selama perjalanan, penumpang bisa mencetak sendiri dokumen tersebut untuk disimpan.

Pembelian tiket pun umumnya kini sudah dilakukan secara online, memudahkan banyak orang dimana saja dan kapan saja.

Seorang yang menjadi ticketing sales ternyata tidak hanya paham perkara jual beli, namun harus mempelajari banyak hal terkait ticketing tersebut. Ada banyak rules atau aturan penerbangan yang harus dipahami seorang ticketing sales.

Setelah mengetahui pengertian ticketing for air lines, selanjutnya yang harus Anda ketahui, terutama jika Anda berminat menjadi seorang ticketing sales adalah mengetahui beberapa hal terkait dengan ticketing tersebut, diantaranya adalah:

  • Phonetic Alphabet

Phonetic Alphabet digunakan untuk mengetahui sebuah kata yang dikeluarkan oleh seseorang di dalam sebuah sambungan telekomunikasi telepon dan sejenisnya.

Dalam ticketing, phonetic alphabet ini dipakai untuk memperjelas nama yang akan dimasukkan ke dalam tiket.

Hal ini dipakai untuk memperjelas nama dan menghindari kesalahan penulisan nama penumpang yang ada di dalam tiketl, sebab kesalahan tersebut akan menyebabkan penumpang tidak bisa melakukan penerbangan.

Phone Alphabet NATO Version :
A  = Alpha
B  = Bravo
C  = Charlie
D  = Delta
E  = Echo
F  =  Foxtrot / Fanta
G  = Golf
H  = Hotel
I   =  India
J   =  Juliet
K  =   Kilo
L  = Lima
M  = Mike
N  =  November
O  = Oscar
P  =  Papa
Q   = Quebec
R   = Romeo
S   = Sierra
T   = Tango
U   = Uniform
V   = Victor
W  = Whiskey
X  = X-ray
Y  = Yankee
Z   = Zulu

  • Three Letter Code of Airport Worldwide

Three Letter Code merupakan kode unik dari setiap bandar udara di seluruh dunia. Kode ini dikeluarkan oleh pihak IATA (International Air Transport Association) dan dijadikan acuan dalam menentukan nama bandara terkait.

Misalkan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta memiliki Three Letter Code “CGK“ dan sebagainya, setiap bandara memiliki kode yang berbeda.

  • Airlines Code (IATA)

Airline code  merupakan kode penerbangan dari masing-masing maskapai penerbangan yang ada di seluruh dunia. Misalkan untuk Maskapai Garuda menggunakan kode GA, Maskapai Malaysia Airlines memiliki kode MH dan sebagainya. Setiap maskapai memiliki kode yang berbeda-beda.

Di dalam pengertian ticketing for air lines, kita juga mengenal istilah reservasi. Reservasi merupakan permintaan penyediaan fasilitas ruang tempat duduk, atau akomodasi seseorang terhadap barang yang dibawa.

Reservasi dibutuhkan oleh para penumpang untuk memberikan jaminan kepastian pada penumpang, memberikan efisiensi waktu serta memudahkan para penumpang. Reservasi ini juga dibutuhkan oleh pihak maskapai untuk membantu proses pelayanan yang lebih baik bagi para penumpang.

Kepastian tersedia kursi untuk penumpang juga dipastikan melalui reservasi tersebut. Bagi pihak penerbangan, hal ini juga penting untuk memastikan tidak terjadinya oversale tiket pada penumpang.

Selain itu, melalui reservasi ini juga bisa dilihat tingkat penjualan tiket yang akan menjadi bahan laporan pemasukan perusahaan terkait. Reservasi tiket pesawat bisa dilakukan secara online dan offline, sesuai dengan cara Anda membeli tiket pesawat.

Saat mempelajari pengertian ticketing for air lines, Anda juga akan menemukan beberapa istilah penting seperti time limit, merupakan batas waktu untuk melakukan cetak tiket yang sudah ditetapkan oleh pihak airlines.

Keterlambatan Anda melakukan pencetakan tersebut akan menyebabkan reservasi atau booking yang Anda lakukan dibatalkan oleh pihak airlines. Kode Booking atau PNR (Passenger Name Record) juga penting Anda ketahui, yakni kode penumpang yang sudah Anda booking sebelumnya, harus disimpan dengan baik.

Kode booking ini berguna pada saat pengecekan, atau pada saat Anda akan melakukan perubahan booking, kode inilah yang pertama kalinya akan ditanyakan oleh pihak airlines. Bukan cuma ticketing sales yang harus memahami istilah-istilah di atas, sebagai penumpang pun penting mengetahui informasi tersebut.

Untuk info Lebih lanjut mengenai FAAST Penerbangan kalian bisa menghubungi Kak Tika Panitia Penerimaan Siswa Baru FAAST Penerbangan di Whatsapp 085235003700 !!

 

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *