Inilah Beberapa Profesi Yang Paling Diminati di Indonesia

Profesi Yang Paling Diminati

Profesi Yang Paling Diminati

Inilah Beberapa Profesi Yang Paling Diminati di Indonesia? Di waktu kecil banyak dari kita bercita-cita menjadi dokter, atau presiden, atau insinyur. Namun setelah besar mungkin cuma 1% yang bilang begitu sungguh menjadi dokter. Lebih sedikit lagi yang jadi insinyur.

Dan paling sedikit yang jadi presiden. Karena bisa jadi orang seperti Sukarno tidak pernah berpikir dan berminat jadi presiden, karena ia tumbuh di masa penjajahan. Barangkali, cuma Megawati yang punya ayah presiden pernah punya minat di masa kecilnya berprofesi jadi presiden.

Oleh karena itu, menimbang minat seseorang sebenarnya tidak dengan bertanya ia ingin berprofesi menjadi apa. Namun secara langsung melihat apa yang sedang dilakukan untuk bisa meraih profesi tertentu.

Dan hal yang lumayan konkret sejauh ini adalah jurusan pendidikan yang ditempuh. Karena secara langsung ini yang membekali skill dan relasi kerja pada suatu profesi. Oleh karena itu inilah beberapa profesi yang paling diminati di Indonesia menurut jurusan pendidikannya.

  1. Guru

Jika dilihat dari jumlah kampus saja, inilah profesi yang tidak bisa tidak adalah paling diminati di Indonesia. Karena jelas, salah satu jurusan yang bisa dengan mudah membentuk kampus sendiri adalah pendidikan. Hampir di setiap kota di Indonesia punya kampus yang fokus menerima siswa bidang pendidikan, baik Kota kecil maupun besar.

Ini belum menghitung fakultas pendidikan yang hampir selalu ada di setiap universitas umum. Dari universitas yang umum saja seringkali kuota siswa untuk fakultas pendidikan jumlahnya sangat besar. Jadi, tak perlu diragukan lagi, guru adalah profesi yang paling diminati di Indonesia.

  1. Akuntan

Menempatkan akuntan di posisi kedua adalah hal yang masuk akal. Kurang lebih pertimbangannya sama. Yakni banyaknya kampus, biasanya dengan status Sekolah Tinggi, yang berfokus pada ekonomi. Sekolah Tinggi bidang ekonomi ini cukup banyak di kota-kota kecil di Indonesia, Dan tentu, kuota besar juga.

Alasan yang dipakai seseorang masuk sekolah ini sebenarnya cukup masuk akal karena segmen kerja bagian akuntansi hampir dibutuhkan oleh setiap instansi. Sehingga permintaan pekerjaan sektor ini berbanding lurus dengan minat masyarakat atas profesi ini.

  1. Buruh

Tempat ketiga diberikan kepada buruh melihat maraknya sekolah kejuruan di masa sekarang. Sekolah kejuruan yang orientasinya menjadi buruh ini sangatlah besar. Hampir di setiap kota memiliki sekolah kejuruan bidang teknik dimana profesi yang akan digeluti kemudian adalah buruh pabrik.

Hal ini juga yang terjadi sekarang dengan jumlah buruh yang cukup massif di Indonesia. Maka tak heran orang yang sejak awal ingin mudah mendapat pekerjaan memilih jalur pendidikan ini. Ditambah lagi, tidak perlu menempuh kuliah berbiaya besar untuk menekuni profesi ini. Cukup dengan ijazah sekolah kejuruan kamu bisa mendapatkan tiket untuk profesi ini.

Demikian beberapa profesi yang paling diminati di Indonesia. Sebenarnya Ada banyak profesi lain yang cukup dimianati seperti perawatan atau wirausaha. Untuk keperawatan, cocok kiranya ditempatkan di posisi 4.

Melihat banyaknya akademi yang mengakomodasi profesi ini. Perawat diminati selain orientasi kerjanya jelas dan bergengsi kendati cukup menelan biaya yang lumayan.

  1. Terakhir Wirausaha atau Enterprener

Meskipun profesi di sektor ini besar, tapi jika dilihat dari jalur pendidikan kurang bisa diprediksi. Karena tidak ada lembaga pendidikan yang secara khusus mendidik orang menjadi enterprener.

Jika Kita lihat lingkungan sekitar, profesi ini bisa dilakukan oleh beragam latar belakang pendidikan. Yang artinya, siapa saja bisa menjadi enterprener, bahkan yang tidak berpendidikan sekalipun. Jadi cukup kiranya empat profesi tersebut yang kalau dilihat secara kelas ekonomi cenderung diminati dari keseluruhan elemen masyarakat.

Meskipun barangkali banyak orang meminati profesi yang lebih mentereng seperti dokter dan pengacara, ternyata minat tersebut tak bisa begitu saja diwujudkan karena keterbatasan pendidikan dan jumlah kuota yang tersedia. Tapi tentu, masing-masing orang memiliki gambaran sendiri terkait beberapa profesi yang paling diminati di Indonesia.

SHARING IS CARING

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *