Terungkap! 5 Fakta Pesawat Terbang yang Jarang di Ketahui

Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara yang kian populer saat ini, hampir dari semua kalangan dapat menikmati perjalannya menggunakan transportasi udara tersebut. Namun Saat naik pesawat pernahkah anda merasakan suatu hal yang membuat kondisi tidak nyaman ?

Jika pernah maka anda tidak perlu khawatir karena pesawat sudah dinlengkapi dengan teknologi canggih dan di kemudika oleh pilot yang tentunya  sudah berpengalaman.

Sebagai alat transportasi pesawat pasti di desain secara khusus   guna menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Contoh nya seperti desain jendela dan warna pesawat yang identik dengan warna putih. Lalu apa saja fakta-fakta pesawat yang kita belum ketahui. Mari simak uraian nya.

Berikut 5 Fakta Pesawat Terbang yang Jarang di Ketahui.

1. Akses Penumpang Berada di Sisi Kiri Pesawat.

Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan

  • Karena sisi kanan di gunakan untuk akses pengangkutan barang atau kargo.
  • karena posisi  kapten penerbang duduk di sisi kiri.Hal ini bertujuan untuk memudahkan mereka untuk mendaratkan pesawat di posisi paling nyaman bagi penumpang.
  • Beberapa sumber menyebutkan  jika ini merupakan tradisi lama.

 2. Ruang Pesawat Terlihat Luas.

Hal ini dikarenakan  para Desainer memiliki berbagai trik desain secara khusus yang membuat pesawat terlihat luas dan berkapasitas besar. Contohnya sentuhan desain khusus pada dinding  dan jendela pesawat sehingga bisa merefleksikan cahaya dengan baik,lalu desain di bagian langit- langit sehinnga  membuat ruang pesawat terkesan tinggi. Trik-trik seperti ini dapat membantu orang-orang yang takut ketinggian, atau takut di ruang sempit untuk tetap nyaman di pesawat.

3. Mengapa Pesawat di Cat Warna Putih?

Ada beberapa alasan kenapa yang dipilih adalah warna putih.

  • Pertama,karena warna putih  lebih hemat dibanding cat warna lain.
  • Kedua, mencegah tabrakan dengan burung karena Burung lebih tanggap melihat refleksi cahaya dari permukaan berwarna putih.
  • Ketiga, warna putih pada Pesawat akan lebih sedikit menyimpan panas dibanding warna lain, Hal ini akan  membuat penumpang lebih nyaman dan lebih ekonomis bagi maskapai penerbangan.
  • Keempat, mudah terlihat. Warna putih membuat petugas lebih mudah melihat apabila ada kerusakan, retak atau masalah lain di badan pesawat.

4. Alasan Jendela Pesawat Berbentuk bundar.

Setelah melalui analisa tim penerbang, ternyata kecelakaan ini dipengaruhi bentuk jendela. Jendela yang kotak membuat tekanan udara semakin kuat, terutama di sudut-sudut jendela. Akibatnya resiko kerusakan pesawat pun makin besar.

5. Bentuk Moncong Pesawat yang Berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan Semakin runcing bentuk moncong pesawat maka pesawat dapat melaju makin cepat. Selain itu, jika bentuk moncong yang panjang akan menghalangi jarak pandang pilot.Jadi, kebanyakan pesawat jet memiliki bentuk moncong yang membulat agar pilot dapat melihat landasan pesawat secara akurat. Kedua hal ini kemudian digabungkan oleh sekelompok engineers asal Rusia di tahun 1960-an.

Mereka membuat pesawat jet tercepat dengan memodifikasi bentuk moncong pesawat. Saat landing dan take off, moncong pesawat bisa terlipat. Sementara saat terbang, moncong berbentuk panjang agar bisa melaju cepat.

Diatas merupakan fakta – fakta pesawat terbang yang jarang di ketahui. Semoga bermanfaat. (Dikutip dari berbagai sumber *)

SHARING IS CARING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *